Tujuan dan manfaat :
- Mampu memahami kemampuan dan esensi dasar dan Sumber Daya Manusia sebagai suatu potensi dinamis yang berperan penting dalam mencapai tujuan perusahaan.
- Mampu memahami prinsip belajar mengajar.
- Memahami dan menghayati prinsip-prinsip dasar dan model proses pelatihan.
- Mampu menganalisis kebutuhan pelatihan sekaligus merancang pelatihan.
- Mampu mamahami dan mengaplikasikan berbagai jenis metode pelatihan sehingga mampu mentransfer materi belajar secara efektif.
- Dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan (Fun & Enjoyable).
- Mampu memahami berbagai tipe cara belajar para trainee (yang dilatih) dan gaya mengajar” para trainer (pelatih/fasilitator), sehingga dapat menerapkannya sesuai dinamika kelompok dan situasi serta kondisi pelatihan.
- Mampu memahami dimensi – dimensi efektifitas sebagai “trainer” dan mengaplikasikan bagi dirinya, mampu menyebarluaskannya pada fasilitator lain.
- Mampu memberikan umpan balik secara efektif.
Materi :
- Pengertian Training, Trainer dan Trainee
- Unsur – unsur dalam pelatihan
- Tujuan program pelatihan
- TNA (Training Need Analisis)
- Jenis – jenis pelatihan
- Metoda dan teknik pelatihan
- Model proses pelatihan
- Langkah – langkah dalam mengembangkan dan melakukan pelatihan
- Prinsip – prinsip dan teori belajar (Learning)
- Indikasi kondisi – kondisi yang membutuhkan pelatihan
- Transfer of Training
- Gaya belajar
- Dimensi efektifitas fasilitator
- Training System Cost
- Evaluasi pelatihan
- Teknik Presentasi
Nara sumber :Saeful zaman
No comments:
Post a Comment